Ini Dia Alasan Wanita Suka Pria Maskulin

PARA ilmuwan akhirnya berhasil memahami alasan wanita menilai sebagian pria menarik sedangkan sebagian lainnya tidak. Pria sendiri tidak paham mengapa wanita punya penilaian demikian.

 

Ketika bicara soal pasangan, pria sering menemukan selera wanita berubah-ubah dan tak terduga. Tetapi, wanita mungkin tidak sepenuhnya disalahkan.

 

Sebuah badan penelitian menunjukkan bahwa pilihan wanita terhadap kriteria fisik tertentu dari seorang pria dipengaruhi oleh hal-hal di luar kendali kesadaran mereka—seperti halnya penyakit atau kejahatan—dan dengan cara yang bisa diprediksi.

 

Fitur maskulin—rahang besar, misalnya, atau alis menonjol—cenderung mencerminkan sifat-sifat fisik dan perilaku berupa kekuatan dan agresif. Fitur maskulin juga terkait erat dengan fisiologis, seperti kejantanan dan sistem kekebalan tubuh yang baik.

 

Apa yang tampak di permukaan penelitian terlihat sangat menarik, padahal tidak selalu demiikian. Sikap agresif akan menjadi positif ketika diarahkan pada ancaman dari luar, tapi bukan pada urusan hati.

 

Atau, kecakapan seksual yang biasanya lekat dengan pria berpotensi banyak keturunan, tetapi juga sering dihubungkan dengan pergaulan bebas atau membangkang pada orangtua.

 

Jadi, setiap kali seorang wanita harus memilih pasangan, ia harus mempertimbangkan apakah bisa menempatkan karakter pria pada tempat yang benar.

 

Nyatanya, hingga kini wanita masih menghadapi dilema ini dan bahwa pilihan mereka dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tak disadari. Demikian seperti dilansir dari The Economist, Selasa (21/12/2010).

 

Alasan beragam disampaikan para peneliti

 

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan awal tahun ini, Dr DeBruine dari Universitas Aberdeen menemukan bahwa wanita di negara-negara dengan statistik kesehatan yang buruk cenderung memilih pria maskulin daripada wanita yang pada kondisi sebaliknya. Alasannya, pada negara di mana penyakit tersebar luas, penduduk wanitanya ingin melahirkan keturunan yang sehat.

 

Namun, apa yang disampaikan Dr DeBruine dibantah oleh Robert Brooks dari Universitas New South Wales. Dalam penelitiannya, ia melihat kembali data Dr DeBruine dan tiba pada kesimpulan berbeda.

 

Dr Brooks menunjukkan bahwa bukan faktor kesehatan, melainkan persaingan dan lingkungan yang keras yang menjelaskan kecenderungan seorang wanita memilih pria maskulin.

 

Dr Brooks dalam penelitian yang telah dipublikasikan dalam Proceedings of the Royal Society ini berargumen bahwa semakin keras lingkungan di mana wanita berada, maka semakin mereka menyukai pria maskulin. Karena, pria maskulin dianggap lebih baik dalam memberikan kenyamanan daripada pria bertipe lembut.

Iklan

One comment on “Ini Dia Alasan Wanita Suka Pria Maskulin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s